"Aku suka berinteraksi dengan banyak orang. Aku juga suka dengan Idol Group 48 Family, Dan aku memelihara sepasang Sugar Glider bernama Siwon Geliber(m) dan Batty Koda(f) yang biasa dipanggil WOM BAT "
Arigatou,

Elcea

Saturday, June 22, 2013

Review Samsung ATIV Smart PC

Dari sisi spesifikasi, ATIV Smart PC merupakan komputer tablet dengan umur baterai yang panjang.
Sebagai perangkat convertible, Samsung ATIV Smart PC memiliki dua fungsi, yaitu notebook dan komputer tablet. Bersama dengan keyboard docknya, ATIV mirip dengan desain ultrabook yang tipis. Tebal layar dan keyboard-nya tak lebih dari 2 cm. Bobotnya juga tergolong ringan untuk ukuran notebook, yaitu 1,48 kg.
Ketika dipisahkan dari keyboard dock-nya, ATIV segera berubah dan berfungsi sebagai komputer tablet. Desainnya lumayan menarik dengan warna mystic blue, tipis (9,9 mm), dengan bobot 0,75 kg – satu ons lebih berat daripada iPad 3.
Sebagai komputer tablet, ATIV memiliki keunggulan dibandingkan dengan komputer tablet modern seperti  iPad dan yang ber-OS Android lainnya. ATIV menjalankan semua aplikasi Windows, baik yang versi 8 maupun versi sebelumnya. Selain itu fasilitas port dan slotnya cukup lengkap, mulai dari port USB 2.0 yang berukuran penuh, mHDMI, slot micro-SD, dua mikropon, jack untuk headphone, sampai slot untuk kartu SIM. Perangkat ini dilengkapi pula dengan digitizer pen.  
Digitizer pen cukup bermanfaat untuk komputer tablet bersistem operasi Windows 8. Keberadaan pen membantu pengoperasian pada user interface Desktop. Seperti kita ketahui, interface Desktop dan aplikasinya masih sulit dioperasikan dengan sentuhan jari. Di samping itu, pen juga bermanfaat untuk mengasah kreativitas Anda. ATIV dilengkapi dengan aplikasi S Note yang dapat digunakan untuk membuat catatan, menggambar, membuat anotasi pada sebuah foto, dan membuat coretan kreatif lainnya.  
Mungkin yang sedikit mengganggu adalah ukuran layarnya. Layar dengan ukuran diagonal 11,6 inci dengan aspect ratio 16:9 bila diposisikan potrait terasa “ketinggian”. Sementara sisi horizontalnya menjadi agak sempit. Bila diposisikan lanskap, memegangnya dengan dua tangan agak lebih nyaman, walaupun masih terasa terlalu lebar.  
Dari sisi daya tahan baterai, ATIV memang layak diperhitungkan. Melalui uji Battery Eater untuk Text, baterainya mampu bertahan hingga 12 jam 19 menit. Untuk memutar video, baterainya baru habis setelah hampir lima jam. Maka, dua film panjang dapat Anda putar untuk sekali isi-ulang baterai.  
Sebagai notebook, ATIV berpenampilan ramping. Layarnya hanya berketebalan 0,99 cm. Keyboard juga cukup tipis, yakni hanya satu cm. Sepintas ATIV mirip dengan ultrabook yang ramping dengan layar memanjang. Seperti umumnya perangkat convertible, titik berat berada di bagian layar. Bila perangkat ini dioperasikan di pangkuan, akan terasa layar yang lebih berat. Mungkin ini sebabnya, bukaan layar tidak tidak bisa lebih lebar dari 120o terhadap keyboard. Bukaan dengan sudut tersebut terasa kurang besar bila posisi meja tempat meletakkan ATIV agak rendah relatif terhadap mata.  
Walaupun begitu, ukuran keyboard cukup besar dengan tombol chiclet-nya. Walaupun pada saat awal mencoba pengetikan, tombol-tombolnya terasa keras. Tetapi setelah beberapa saat dan mulai terbiasa, keyboard cukup nyaman digunakan. Sandaran telapak tangan juga cukup lebar sehingga menambah  kenyamanan untuk pengetikan dengan sepuluh jari.  
Touchpad sendiri cukup luas (8,8x5,0 cm), dengan bagian sudut kanan dan kiri bawah berfungsi sebagai tombol klik kanan-kiri. Touchpad-nya juga memiliki fungsi multitouch seperti layar, tetapi sayang tidak sepeka layar sentuhnya.
Dari sisi kinerja, ATIV setara dengan netbook. Prosesor Intel Clover Trail yang dipakainya memang sangat menghemat daya baterai, tetapi perangkat yang menggunakannya hanya cocok digunakan untuk pekerjaan ringan seperti web browsing, e-mail, dan pekerjaan sederhana menggunakan aplikasi office. Bila diperlukan kinerja yang lebih tinggi, Samsung menyediakan ATIV Smart PC Pro yang memakai prosesor Intel Core i5.
****
Secara umum dari sisi spesifikasi, ATIV Smart PC lebih menyerupai komputer tablet daripada notebook. Tetapi dengan keyboard-nya, ATIV akan berfungsi sebagai notebook untuk menghasilkan content. Umur baterai yang panjang dan bobot yang relatif ringan cukup menunjang untuk melakukan pekerjaan ringan di luar ruang atau perjalanan.

Hasil Pengujian
Kinerja kedua perangkat convertible di bawah ini mirip. Prosesor dan kapasitas memori keduanya sama. Umur baterai ATIV Smart PC sedikit lebih lama.
Pengujian
Samsung Ativ Smart PC
(Intel Atom Z2760 1,5 GHz, RAM 2 GB, eMMC 64 GB, layar 11,6 inci)
Acer Iconia W510
(Intel Atom Z2760 1,5 GHz, RAM 2 GB, SSD 32 GB, layar 10,1 inci)
PCMark 7 Pro v1.0.4
1258
-
Cinebench R11.5
0,56
0.53
Encoding video
1 jam 37 menit
1 jam 39 menit
Encoding audio
8 menit 48 detik
8 menit 58 detik
Daya Tahan Baterai
Memutar HD Video
4 jam 57 menit
-
Battery Eater (text)
12 jam 19 menit
11 jam 18 menit




Dudukan Layar
Pada bagian tengah atas keyboard terdapat tombol untuk melepas layar.


Port
dan Slot
Di sisi atas layar terdapat port headphone, dua mikropon, tombol power, tombol autorotate, USB 2.0, slot micro-SD dan kartu SIM (3G/4G). Di sisi kiri atas ada tombol volume speaker dan port mHDMI. 




Tablet dan Pen
Dilepas dari keyboard, ATIV menjadi komputer tablet yang dilengkapi dengan pen. Pen disimpan pada bagian belakang layar.




USB 2.0
Di sisi kanan dan kiri keyboard terdapat port USB 2.0.
 

Spesifikasi
Prosesor
Intel Atom Z2760 1,5 GHz
RAM
2 GB, LPDDR
Kartu grafis
Intel HD Graphics
Penyimpanan
     GB eMMC
Fasilitas
USB 2.0 (1 + 2 pada keyboard dock), mHDMI, micro-SD, digitizer pen, Bluetooth 4.0, slot SIM (4G/3G), Wi-Fi a/b/g/n, USB-to-Ethernet Dongle, 2 mikropon, 2 speaker.
Layar
11,6 inci (29,5 cm), 1366x768 pixel
Sistem operasi
Windows 8, 32-bit
Kamera
belakang 8 MP dengan flash, depan dua MP
Dimensi
304,0x189,4 x 9,9 mm (tanpa keyboard); 304,0 x 189,4 x 19,9 mm (dengan keyboard)
Bobot
0,750 kg (tanpa keyboard); 1,48 kg (dengan keyboard)
Garansi
Situs web
1 tahun
Harga (kisaran)*
Rp9,5 Juta

Plus     : Umur baterai panjang, ringan dan ramping, dilengkapi digitizer pen, dan ada slot kartu SIM.
Minus : Sudut bukaan layar dari keyboard kurang besar, touchpad kurang peka, saat dipakai sebagai komputer tablet layar terlalu panjang.

Skor Penilaian
-
Kinerja             : 2,5
- Fasilitas           : 4
- Penggunaan    : 4
- Harga               : 4
- Skor total         : 3,63


Komentar :
Artikel yang bagus. Mempermudah orang untuk membeli gadget ini yang sudah termasuk menjadi kategori tablet sekaligus laptop. Berguna bagi orang yang ingin mempunyai tablet atau laptop karena mencakup dua hal tersebut dalam satu benda.

No comments:

Post a Comment