"Aku suka berinteraksi dengan banyak orang. Aku juga suka dengan Idol Group 48 Family, Dan aku memelihara sepasang Sugar Glider bernama Siwon Geliber(m) dan Batty Koda(f) yang biasa dipanggil WOM BAT "
Arigatou,

Elcea

Friday, June 14, 2013

Alat Diagnosis Sistem Injeksi Kini Dijual Bebas

 



Jakarta - Era sistem injeksi sudah mulai menjajah pasar motor Indonesia. Kini, motor dengan sistem injeksi lebih disukai dibanding karburator. Nah, alat untuk mendiagnosis keadaan sistem injeksi di motor kini sudah dijual bebas.

Untuk mengecek keadaan sistem injeksi di sebuah motor memanglah tidak bisa dilakukan manual sebagaimana bisa dilakukan di motor dengan karburator. Untuk mengeceknya dibutuhkan alat diagnostic tools.

Alat ini berfungsi untuk mendiagnosa kerusakan pada sensor-sensor pada sistem injeksi. Dengan alat semacam ini pekerjaan mekanik jauh lebih mudah.

Tidak perlu melakukan pengecekan tiap komponen atau mengandalkan diagnostic lamp. Salah satu diagnostic tools yang kini sudah mulai dipasarkan adalah HiDS HD-30 khusus untuk sepeda motor Honda.

HiDS merupakan perangkat diagnostic motor Honda yang dibuat oleh STARNICS dan telah digunakan di diler resmi motor Honda. Tapi kini, bukan hanya dealer resmi Honda, bengkel umum pun berkesempatan untuk melengkapi alat kerjanya dengan HiDS.

HiDS yang dijual dengan harga Rp 3,3 juta ini dapat membantu bengkel-bengkel melakukan analisis dan diagnosis atas alat-alat kontrol elektronik pada sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi injeksi. HiDS mampu berkomunikasi dengan Engine Control Module (ECM) dan menampilkan data-data berupa sinyal dari ECM pada layar peraga.

Data-data yang dapat ditampilkan diantaranya adalah data kesalahan sensor yang terdeteksi ECM, baik data kesalahan yang sudah terjadi dan tersimpan dalam memori ECM ataupun data yang sedang terjadi yang terdeteksi ECM.

Data-data tersebut akan ditampilkan pada layar peraga HiDS dengan menggunakan Bahasa Indonesia sehingga mudah dimengerti dan informatif.

HiDS juga memiliki fasilitas untuk melakukan re-set atau menghapus data-data kesalahan yang tersimpan di ECM dengan amat mudah. Selain itu, HiDS juga memiliki kemampuan untuk menampilkan data-data saat sepeda motor dalam kondisi stasioner, fungsinya untuk melihat kinerja semua komponen injeksi dalam kondisi mesin hidup.

HiDS dapat digunakan pada seluruh sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia yang sudah mengadopsi injeksi.

Mulai dari Supra-X 125 PGM-FI, PCX 150, CBR250R sampai yang terbaru BeAT FI dan CB150R dan Verza150. HiDS juga hadir dengan kemudahan update software bila ada sepeda motor baru Honda lainnya.


Komentar :
Menurut saya ini bagus, dikarenakan masyarakat dapat mengecek sendiri sistem injeksi yang mereka gunakan. Sehingga mereka dapat mengetahui jika ada kerusakan yang belum terlihat jelas di mata mereka.  Setidaknya ini dapat membantu para pengguna motor untuk lebih mudah mengerti dan mengetahui apa yang dibutuhkan motor injeksi mereka agar tidak mudah rusak dan lebih awet. 

No comments:

Post a Comment