"Aku suka berinteraksi dengan banyak orang. Aku juga suka dengan Idol Group 48 Family, Dan aku memelihara sepasang Sugar Glider bernama Siwon Geliber(m) dan Batty Koda(f) yang biasa dipanggil WOM BAT "
Arigatou,

Elcea

Friday, June 14, 2013

Gejala Mirip Demam Berdarah, Waspadai Leukemia Pada Anak



Jakarta, Gejala awal demam berdarah adalah demam dan timbulnya bintik merah pada kulit. Namun siapa sangka gejala ini mirip dengan gejala kanker darah atau leukemia.

Leukemia adalah salah satu kanker yang sampai saat ini adalah kanker nomer satu yang membunuh anak-anak. Oleh sebab itu, kenalilah gejalanya dengan tepat.

"Secara umum kanker pada anak itu dibagi dua kelompok besar, yaitu cair dan padat. Leukemia adalah kanker bentuk cair yang terdapat di dalam darah," ujar dr Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, IBCLC.

Hal ini ia sampaikan dalam acara Aksi Seribu: Mari Waspadai & Kenali Kanker Pada Anak Sejak Dini. Acara yang dilaksanakan pada Jumat, (14/6/2013) ini bertempat di Rumah Anyo milik Yayasan Anyo Indonesia (YAI), Jl Anggrek Nelli Murni Blok A No. 110, Slipi, Jakarta Barat.

Menurut dr Edi, tempat kejadian leukemia ini berada pada sumsum tulang. Sumsum tulang sendiri merupakan 'pabrik' dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).

"Jika mengalami hal ini, anak akan terlihat pucat. Selain itu, gejala lainnya adalah sering mengalami demam tanpa sebab akibat kadar leukosit rendah dan perdarahan kulit, gusi, atau mimisan," jelas dr Edi.

Selanjutnya, dr Edi mengatakan bila anak memiliki ketiga gejala ini atau minimal dua di antaranya, seorang anak dapat dicurigai terkena Leukemia. Selain gejalatersebut, gejala lainnya adalah kejang, pembengkakan gusi, nyeri tulang, perut membesar, testis membesar dan keras.

"Lebih baik konfirmasi ke dokter. Jika bukan Leukemia ya syukur, kalau Leukemia ya syukur juga karena jika diketahui sejak awal pasti anak dapat segera ditolong," tutur dr Edi.

dr Edi berpesan agar jangan takut jika anak terkena kanker sebab semakin dini dan cepat anak yang terkena kanker ditangani. semakin besar kemungkinan anak sembuh. "Jangan takut, Leukemia bisa diobati," ucap dr Edi.


Komentar :
Dengan adanya artikel ini para orang tua akan lebih perhatian kepada anaknya. Dan juga karena artikel ini banyak pula orang tua yang akan melakukan cek berkala kepada anaknya demi kesehatannya. Walaupun Leukemia dapat di sembuhkan akan lebih baik jika dapat diketahui lebih awal. 

No comments:

Post a Comment