Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat
ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Hiburan dan seni rupa juga dibantu oleh multimedia , terutama
membantu dalam hiburan untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan
animasi. Permainan multimedia adalah hobi populer dan program perangkat
lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Video game untuk
anak-anak dan orang dewasa juga menggunakan fitur multimedia yang
memberikan efek 3D dan membuat gambar menjadi hidup. Dalam seni ada
artis multimedia yang menggunakan multimedia yang efisien untuk
mendapatkan efek yang berbeda dan teknik. Pendekatan lain menciptakan
tampilan tradisional seni rupa yang dapat dengan mudah dilihat di galeri
seni. Merekam materi digital mungkin hanya sebagai tahan lama dengan
salinan sempurna setiap waktu.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan
bisnis. Di dunia ppendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia
bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil
produk, bahkan sebagai media pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi
indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang
merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi
reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi
bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut
melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan
berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output
berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan
menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau
sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Multimedia membuat situs yang menarik dan inovatif dalam, fungsi
desain dalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, sering diperbarui dan
cepat untuk men-download. Home page dari setiap produksi multimedia
harus selalu tengara, dapat diakses dari manapun di bagian multimedia.
Multimedia sedang digunakan secara luas dalam berbagai bidang karena
kecepatan dan fleksibilitas. Salah satu contohnya adalah di bidang
kedokteran mana, dokter dilatih dengan melihat operasi virtual dan dapat
mensimulasikan bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh virus dan
bakteri membantu mereka untuk mengembangkan teknik yang berbeda untuk
mencegahnya
DESIGN
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan
teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif
mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis,
seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman,
desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali
disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni disain
grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata
letak.
Media komunikasi visual sangat penting bagi semua jenis instansi atau organisasi baik pemerintah maupun swasta. Media komunikasi visual merupakan media penyampaian informasi yang efektif untuk tujuan internal organisasi maupun eksternal (publik), karena secara umum orang akan lebih mudah memahami dan menerima pesan dalam bentuk visual dibanding dalm bentuk teks biasa.
Design Grafis
Penggunaan komputer grafis saat ini menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dalam proses produksi pencetakan media informasi. Dengan
berbasiskan teknologi digital yang menawarkan berbagai kemudahan,
kecepatan dan keleluasaan, akan menghasilkan suatu gagasan visual yang
lebih sempurna.
Design Grafis ini bermanfaat bagi instutisi atau lembaga yang sering
memanfaatkan berbagai produk percetakan untuk penyampaian informasi pada
masyarakat. Beberpa konsep dasar desain grafis, editing foto digital
dengan Photoshop, pembuatan obyek curve atau vektor dengan Corel Draw
dan pembuatan layout halaman buku, tabloid atau buletin dengan InDesign.
Design Multimedia
Teknologi multimedia berkembang pesat seiring dengan perkembangan
teknologi pada komputer PC dan saat ini multimedia merupakan teknologi
yang paling populer selain internet. Dengan kemampuan multimedia dalam
menyampaikan pesan dan informasi dengan menggabungkan unsur teks,
gambar, suara dan video, maka ribuan perusahaan di seluruh dunia telah
berhasil memanfaatkan untuk memasarkan produk mereka.
Multimedia komputer berguna untuk pembuatan media informasi interaktif dengan menggabungkan unsur teks, gambar, suara, video serta action sript untuk pengendalian animasi.
Digital Photography & Video Editing
Saat ini dokumentasi dalam bentuk multimedia dengan digital camera
dan handycam telah banyak digunakan di berbagai instansi. Dokumentasi
multimedia ini memiliki kelebihan antara lain efisien dan dapat diolah
lebih lanjut untuk berbagai keperluan. Dalam pembuatan media komunikasi
visual baik dalam bentuk barang-barang hasil percetakan maupun
multimedia interaktif, memerlukan data pendukung berupa foto-foto dan
video. Selain itu foto-foto dan video juga dapat ditayangkan secara
independen pada event dan pameran.
Hal ini mempelajari penggoperasian dan pengambilan gambar menggunakan
professional digital camera dan handycam, serta editingnya menggunakan
komputer.
Beberapa istilah yang berkaitan dengan Multimedia dan Design adalah:
- Multimedia Interaktif
Merupakan sebuah produk program pada CD/DVD, Web atau media lainnya, yang menggabungkan hasil desain grafis, animasi, video serta audio yang dikemas dalam sebuah program komputer yang interaktif. Contoh dari produk Multimedia Interaktif ini adalah Company Profile dalam bentuk CD/DVD, Game Interaktif, CD/DVD Pembelajaran Interaktif. - Desain GrafisMerupakan gabungan beberapa matakuliah yang berisi tentang konsep-konsep dasar tentang desain (estetika, komposisi warna, dll) dilanjutkan dengan penggunaan tool-tool desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw). Contoh Produk yang dihasilkan adalah desain grafis untuk komputer maupun percetakan (Iklan, Poster, Brosur, dll)
- AnimasiAnimasi yang dihasilkan dapat berupa animasi dua dimensi atau tiga dimensi. Hasil dari animasi ini dapat digabungkan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website bahkan sampai dengan produksi film.
- Video dan Sound Editing
Hasil dari editing video dan audio ini dapat digabungkan dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau digabungkan dalam sebuah program untuk menghasilkan produk multimedia interaktif lainnya (iklan, game, company profile, dll). - Desain dan Pemrograman Website Dinamis
Desain website selain dituntut untuk menarik juga dituntut untuk mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Selain diajarkan tentang cara mendesain sebuah website juga akan diajarkan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction sehingga website akan mudah digunakan. Pemrograman website dinamis akan mempelajari bagaimana membuat website dinamis seperti www.yahoo.com, www.google.com , www.friendster.com yang dikoneksikan dengan database tertentu. - Pembuatan Game Interaktif
Game yang akan dibuat dapat berupa game komputer, game online (website) maupun game pada handphone.
Sumber : http://rizkynovi99.blogspot.com/2013/01/apa-itu-multimedia.html
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
- Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
- McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
- Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
- Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
- Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
- Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.- Multimedia Content Production
adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation,
video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu
informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio,
musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai
penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
- Media teks/tulisan
- Media audio/suara
- Media video
- Media animasi
- Media gambar
- Media Interaktif
- Media spesial effect
- Multimedia Communication
adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak
dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan
material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan,
dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- TV
- Radio
- Film
- Media Cetak
- Musik
- Game
- Entertainment
- Tutorial
- Internet
sumber : http://yogatamapermana.blogspot.com/2013/02/apa-itu-multimedia_11.html
No comments:
Post a Comment